Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Waspada jika anda selfi berlebihan,termasuk ciri ciri gangguan jiwa

Hati-hati jika anda suka selfi yang berlebihan,maka anda termasuk orang yang mengidap ganguan jiwa.Apalagi sekarang jamannya sudah canggih,banyak orang suka gonta ganti gadget dengan alasan harga miring dan sangat murah.Orang yang suka selfi biasanya ingin mendapat perhatian setelah di posting atau di upload di sosmed seperti facebook,instagram,tweeter,bbm,whatsaap,telegram dll

Dengan selfi berlebihan bisa menimbulkan sifat takabur,ujub atau riya dalam hati.Selfi sangat membahayakan,khususnya bagi kaum hawa atau muslimah.

Kebanyakan dari meraka berusaha berexpose dengan yang terbaik,ada yang memonyong - memonyongkan mulutnya,menjulurkan lidah sepanjang mungkin.Itu adalah sebagian dari menghilangkan rasa malu,izaah dan muru'ah pada diri muslimah khususnya.Padahal rasa malu adalah cabang dari sebagian keimanan.

Dalam islam rasa malu adalah akhlak.Jika orang iman tidak punya rasa malu,berarti keimanannya hilang atau keropos.Bahkan Rosululloh Sholallohu 'alaihi wassalam Bersabda "Sesungguhnya setiap agama mempunyai akhlak dan akhlak islam adalah malu"(HR.IBNU MAJAH)

Bagi wanita rasa malu adalah pakaian baginya,menjadi perhiasan terbaik yang bisa dikenakan oleh seorang muslimah.

Dalam riwayat lain disebutkan

“Keimanan itu ada 70 sekian cabang atau keimanan itu ada 60 sekian cabang. Seutama-utamanya ialah ucapan ‘La ilaha illallah’ dan serendah-rendahnya ialah menyingkirkan gangguan dari jalan, dan malu itu adalah cabang dari keimanan” (HR Bukhari Muslim).

Karenanya bahaya selfie ini dikhawatirkan akan mengantarkan kita paling banyak pada takabur, riya, dan paling sedikir sifat ujub, yang ketiganya adalah penghancur amal shalih.

Kita tidak sedang mengatakan bahwa selfie pasti ujub, riya, takabbur, tidak!. Kita pun tidak membahas halal dan haramnya.


Selfie kita kembalikan lagi sebagai salah satu teknik foto, dan hukum berfoto adalah boleh. Namun bisa menjadi dosa ketika kita menjadi takabur dan riya terhadap diri sendiri.

“Tiga dosa yang membinasakan, sifat pelit yang ditaati, hawa nafsu yang dituruti, dan ujub seseorang terhadap dirinya” (HR Thabrani).

Maka dari itu jaga keimanan anda dengan menyimpan rasa malu

No comments:

Post a Comment

Hanya menulis jadi jutawan

Teknologi komunikasi semakin lama semakin canggih di dunia ini,apalagi hape sekarang banyak macam OS nya,ada yang java,blackberry,wind...